#te }

Gudek jogja Dan Teh Poci Gula batu

Posted by Jayus Doank Sabtu, 22 Juni 2013 1 komentar
Terinspirasi jadinya.....habis di ajak rombongan saudagar makan nasi gudeg jogja yang berada di jln paus pekanbaru memng terasa masakan jawa nya banget.....ya ...gudeg,warung nasi gudeg mbok de....tunggu saya lg ya besok.....jd kepengen buka usaha seperti mbokde....tp apa daya ....
****GUDEG JOGJA****
Ya nasi gudeg ini pada dasarnya nasi Nangka muda. Karena Inti dari Hidangan Nasi Gudeg ini adalah Nangka muda yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah dan dibalut dengan daun jati muda. Yangmana dari Daun Jati muda ini akan mengeluarkan sari pati cairan bila dimasak, yang mengandung zat warna coklat natural dan aroma yang  khas.  Sehingga nangka muda yang dimasak dengan Daun Jati tersebut  berwarna Coklat, dan beraroma khas.  Pada penyajiannya, Sayur nangka muda ini disiram dengan Areh ( Santan Gurih yang dikentalkan ) Sehingga menambah rasa dan aroma, menjadi lebih gurih dan lezat.

jadi intinya menu utama makan malam saya pada hari sabtu tgl 22 juni 2013 malam adalah NASI GUDEG MBOKDE Menu ini sudah dari jaman dahulu kala sangat dikenal oleh masyarakat sebagai menu khas dari Jogjakarta. Dan nasi Gudeg ini tersaji dengan aroma dan rasa yang sangat khas, dan mencerminkan tradisi yang sangat kental dari Jogjakarta itu sendiri. Nasi Gudeg biasa disajikan dengan menampilkan jenis-jenis masakan lain yang dipadu dan dijadikan satu didalam penghidangannya. Sehingga, dengan menyatunya macam masakan yang disajikan dalam porsi Nasi Gudeg tersebut, akan terciptalah Aroma dan Rasa yang khas dari Nasi Gudeg tersebut. Dan sebagai catatan, bahwa Nasi Gudeg ini adalah makanan khas indonesia yang tergolong didalam makanan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Sehingga didalam proses pembuatannya pun, banyak menggunakan tehnik-tehnik tradisional. Sehingga dengan demikian cita rasa dan aromanyapun terasa sangat tradisional sekali.

     Selain dari ayam opor,telur cokelat,sayur nangka muda nasi gudeg harus ada sambalnya,ya sambaaaaalll.....

 tidak boleh terlewatkan,Hal ini dikarenakan salah satu rasa yang diciptakan pada saat kita menyantap Nasi Gudeg ini adalah rasa pedas. Dan sambal disini terbuat dari cabe merah dan cabe rawit pilihan. Dan dimasak dengan beberapa langkah, maka akan menghasilkan sambal khas nasi gudeg.  Sehingga  komponen terakhir ini sangatlah penting. Dan setelah semua komponen tersebut dipadukan menjadi satu,  maka Nasi Gudeg siap untuk disajikan. Dan citra rasa tradisional dari Nasi Gudeg ini tercipta dengan sempurna.


pengalaman saya malam ni yang di temani mas parzedi,pak hadianto,ade rades dan bang deni......btw kapan kita ulang lagi...hhhheheheheheheh....sampai jumpa lg di gudeg selanjutnya.....

1 komentar:

Unknown mengatakan...

berapa harganya perposi gan? jadi pengen kesana..

Posting Komentar


Lihat Jayus CJDW di peta yang lebih besar

Total Tayangan Halaman